Santai

Sahabat Yang Semakin Renta

photo

Sebenarnya, jauh-jauh bulan saya sudah ingin menantang Darin merayakan ulang tahun hanya dengan penanggalan hijriyah, bukan dengan penanggalan masehi. Sebagai umat Islam yang taat beragama (tapi usil bukan main), Darin layak mencobanya. Tapi saya kelupaan terus mengajaknya, sampai akhirnya hari ini dia ultah.

Selamat ulang tahun, Darin. Setiap 8 Juni kamu makin tua, semoga badannya tidak semakin gembrot, dan pipinya tidak semakin sesak. Tapi agak sulit ya: soalnya kamu kan akan menikah suatu saat, akan punya anak, dan kemudian dimulailah segala ketakutan itu, hahaha.

Saya mendoakanmu yang baik-baik, Darin, kamu tahu itu. Maka tak usahlah saya berpanjang lebar. Kamu cukup mengaminkan saya punya doa.

Saya hanya berbagi nostalgia sedikit saja pada teman-teman. Di hari ulang tahunmu ini, saya teringat banyak pertanyaan todongan, yang yakin sekali kita bukan sekedar teman. Satu dua cemburu (lho?). Saya pasti tertawa setiap kali menerima todongan itu. Mereka benar: kita bukan sekedar teman. Kita adalah sahabat tanpa tabir sungkan, tanpa selaput kepentingan, tanpa maksud romantis apapun. Kita adalah sahabat tanpa niat saling memiliki sebagai kekasih.

Sayang sekali, masih saja ada yang tidak percaya pada fakta kecil itu. Mereka yakin sekali lelaki dan perempuan tidak bisa bersahabat.

Di hari ulang tahunmu ini, saya teringat beberapa hal yang kamu kirimkan untuk saya dari Bandung. Segitu perhatiannya kamu pada tulang ekor dan pantat saya yang akan sangat rajin duduk menulis ini, sehingga kamu kirimkan pada saya sebuah bantal duduk berwarna oranye bertotol-totol putih (yang tali pengikatnya putus satu sekarang, hiks). Kamu juga sebegitu kepikirannya pada saya yang baru belajar memakai sepatu dengan benar karena kuliah magister, sehingga kamu kirimkan buat saya beberapa pasang kaus kaki yang harus baunya.

Semua itu berharga buat saya. Saya selalu berterima kasih atas itu. Sebagai sahabat, kamu pedulian. Kamu peduli pada curhatan-curhatan saya, pada kebetean saya, pada kegelisahan saya, pada kesedihan saya. Kamu telaten meladeni sikap saya yang kaku, keras kepala, cuek, kurang sabar, dan sederet lain. Semua membuktikan betapa baiknya kamu, dan insya Allah ganjaran buatmu adalah surga Allah yang damai.

Saya yang kere karena hampir selalu melayani nafsu syahwat yang kuat membeli buku ini, sering tidak punya uang untuk membelikan kamu sesuatu, dan mengirimkannya ke sana. Saya bahkan tidak tahu harus membelikanmu apa. Sejak memasuki tanggal 1, di pikiran saya hanya ada dua ide saja: mendoakanmu, dan menuliskan sesuatu tentangmu. Agar dunia tahu, agar dunia mengerti. Di antara kita tidak ada apa-apa sekaligus penuh dengan apapun yang mereka harapkan ada dalam sebuah persahabatan yang murni.

Mungkin saya akan rajin mengirimimu buku yang baik dan perlu kamu baca (tentu saja menurut saya). Saya tidak begitu baik dalam mengira-ngira barang yang kamu senangi atau yang kamu butuhkan. Saya juga tidak sudi kamu request barang, nanti kamu maunya yang aneh-aneh. Susah di saya kalau kamu meminta kucing yang tititnya bercabang dua. Jadi, lebih baik buku saja ya.

Darin, kamu begitu baik. Terima kasih telah menunjukkan persahabatan. Selamat ulang tahun yah. Selamat ulang tahun. []

NB: Kiriman ini sengaja saya majukan satu jam karena saya harus packing, siap-siap mudik. Yang mau ke Lombok, yang ke Lombok, ke Lombok, Lombok, dong ayok.

Iklan
Standar

29 respons untuk β€˜Sahabat Yang Semakin Renta’

  1. momo taro berkata:

    Okeee Darin selamat atas hubungannya dengan Ical *eh maksudnya selamat berulang tanggal dan bulan lahir (kalau tahun nggak pernah berulang kan??? Nggak ngerti saya kenapa istilahnya ulang tahun).

    Semoga amal dan ibadahnya diterima Tuhan. Udah gitu aja.

    πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

  2. Yeay..Darin ultah. Panjang umur, sehat, sukses dan spy ‘disegerakan’ ya :))

    Ya, sy percaya aj dech dg Bro Ical. Gak ad yg mustahil buat sahabatan sih.
    Sbgai shbat, saling perhatian sih udah semestinya ya. Hhmm… tp apapun kmungkinan pd akhirnya, sy sih setuju2 aj (upss …). ✌✌✌

  3. Wkakakakak aku senyam-senyum sampe ngakak ke tulang baca ini πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Bestfriend goals banget sih kalian uuu 😍

    Selamat ulang tahun Kak Arin (aku lebih suka gini manggilnyaπŸ˜‚) berdoa yang terbaik untuk dirimu, Gbu 😁

  4. Gusti Damian berkata:

    Salut mas bro atas prinsip anda di dalam menjalin persahabatan antar lawan jenis . . . Pertahankan πŸ‘πŸ˜Š

  5. beberapa menit baca ini tulisan, kayak orang gila nyengir sendiri.πŸ˜‚
    .
    mungkin bang ical beberapa detik setelah kak arin baca kata gemb….. dia akab benar-benar mengirim bom atom.πŸ˜‚
    .
    ini pasti berkesan buat kak arin. bang ical lama tak menulis, muncul-muncul memberi hadiah buat kak arin. awwwww…😳

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s