Kebenaran Adalah Negeri Tanpa Jalan

Oleh: Jiddu Krishnamurti

Tulisan ini dalam versi bahasa Inggrisnya adalah transkrip verbatim ceramah terakhir Jiddu Krishnamurti sebagai ketua Ordo Bintang di Timur, sebelum ia sendiri membubarkannya (the dissolution speech, August 13, 1929). Dalam ceramah ini tersimpan ideologinya sebagai seorang Gnana, yang meyakini bahwa kebenaran tidak bisa diajarkan, dan dunia tidak memerlukan guru spiritual atau organisasi religius yang menjebak seseorang dalam hirarki otoritas, dinamika organisasi yang sepele, atau hasrat pamer identitas. Untuk menemukan kebenaran, seseorang hanya perlu kuat berbincang dengan mereka yang telah tercerahkan, dalam sebuah relasi yang setara, kemudian kembali berjibaku dalam meditasinya sendiri. Itulah yang ia sebut sebagai “Negeri Tanpa Jalan”. 

Saya menerjemahkan teks itu ke dalam bahasa Indonesia dengan sejumlah adaptasi karena tertarik: Gnana adalah jalan yang juga ditempuh oleh guru spiritual saya yang tidak mendirikan tarekat dan meniadakan hirarki; hanya ada percakapan panjang dan mendalam. Selamat membaca.

***

Pagi ini kita akan membahas pembubaran Ordo Bintang di Timur (The Order of the Star in the East). Banyak orang akan bergembira, dan yang lainnya akan merasa sedih. Ini adalah sebuah pertanyaan yang tidak perlu membuat kita bersukacita maupun bersedih, karena hal ini tidak dapat dihindari, seperti yang akan saya jelaskan. Anda mungkin ingat cerita tentang bagaimana iblis dan seorang temannya sedang berjalan menyusuri jalan, ketika mereka melihat di depan mereka ada seseorang yang membungkuk dan mengambil sesuatu dari tanah, melihatnya, dan menyimpannya di sakunya. Temannya berkata kepada iblis, “Apa yang dipungut orang itu?” “Dia memungut sepotong Kebenaran,” kata iblis. ‘”Kalau begitu, ini kabar yang sangat buruk bagimu,” kata temannya. “Oh, tidak sama sekali,” jawab iblis. “Saya akan membiarkan dia mengaturnya.”

Saya berpendapat bahwa Kebenaran (truth) adalah sebuah negeri tanpa jalan, dan Anda tidak dapat mendekatinya melalui jalan apa pun, melalui agama apa pun, melalui sekte apa pun. Itulah sudut pandang saya, dan saya berpegang teguh pada hal itu secara mutlak dan tanpa syarat. Kebenaran, karena tidak terbatas dan tidak terkondisi, tidak dapat didekati dengan jalan apa pun, juga tidak dapat diorganisir. Tidak boleh juga ada organisasi yang dibentuk untuk memimpin atau memaksa orang mengikuti jalan tertentu. Jika Anda sangat memahami hal itu, Anda akan melihat betapa mustahilnya mengorganisir suatu kepercayaan.

Kepercayaan itu murni masalah individu, dan Anda tidak dapat dan tidak boleh mengorganisasikannya. Jika Anda melakukannya, kepercayaan itu akan mati atau “mengkristal”; ia akan menjadi sebuah sekte atau agama yang dipaksakan kepada orang lain. Inilah yang sedang coba dilakukan oleh semua orang di seluruh dunia. Kebenaran dipersempit dan dijadikan alat untuk mempermainkan mereka yang lemah, dan yang sebenarnya merasa tidak puas dengan hidup ini sesaat saja. Kebenaran tidak dapat diajarkan; individu harus berusaha untuk naik ke atasnya. Anda tidak dapat membawa puncak gunung ke dasar lembah. Jika Anda ingin mencapai puncak gunung, Anda harus melewati lembah, mendaki tebing-tebing yang curam, tanpa takut jatuh ke jurang yang berbahaya.

Anda harus mendaki menuju Kebenaran. Kebenaran tidak dapat dibawa turun atau diaturkan untuk Anda. Minat terhadap kebenaran mungkin bisa ditopang oleh organisasi, tetapi organisasi hanya menopangnya dari luar. Minat yang tidak lahir dari rasa cinta pada Kebenaran karena memahami nilai pentingnya kebenaran itu, melainkan yang dibangkitkan oleh organisasi, tidak ada nilainya. Organisasi menjadi sebuah wadah yang kesibukannya adalah mengatur anggota. Mereka tidak lagi berusaha mengejar Kebenaran atau puncak gunung, melainkan mengukir untuk diri mereka sendiri sebuah ceruk yang nyaman untuk diri mereka sendiri, atau membiarkan organisasi mengatur mereka, dengan anggapan bahwa itu adalah cara organisasi menuntun anggotanya kepada Kebenaran.

Jadi itulah alasan pertama, dari sudut pandang saya, mengapa Ordo Bintang harus dibubarkan. Meskipun demikian, Anda mungkin akan membentuk Ordo lain, Anda akan terus menjadi bagian dari organisasi lain yang mencari Kebenaran. Saya tidak ingin menjadi bagian dari organisasi spiritual manapun, mohon pahami hal ini. Saya tetap akan membuat organisasi yang dapat membawa saya ke London, tapi ini adalah jenis organisasi yang sangat berbeda, hanya bersifat mekanis, seperti pos atau telegraf. Saya akan menggunakan mobil bermotor atau kapal uap untuk bepergian, ini hanyalah mekanisme fisik yang tidak ada hubungannya dengan spiritualitas. Sekali lagi, saya berpendapat bahwa tidak ada organisasi yang dapat membawa manusia kepada spiritualitas.

Jika sebuah organisasi diciptakan untuk tujuan menuntun manusia pada spiritualitas, maka organisasi tersebut akan menjadi sumber kelemahan dan belenggu yang akan melumpuhkan individu dan mencegahnya berkembang secara spiritual, atau mencegahnya membangun keunikannya sendiri yang terletak pada temuan pribadinya akan Kebenaran yang absolut dan tanpa syarat. Jadi itulah alasan lain mengapa saya memutuskan, sebagai Kepala Ordo, untuk membubarkannya. Tidak ada yang membujuk saya untuk mengambil keputusan ini. Ini bukanlah perbuatan yang luar biasa, karena saya tidak menginginkan pengikut, dan saya bersungguh-sungguh dengan hal ini.

Pada saat Anda mengikuti seseorang, Anda berhenti mengikuti Kebenaran. Saya tidak peduli apakah Anda memperhatikan apa yang saya katakan atau tidak. Saya ingin melakukan suatu hal tertentu di dunia dan saya akan melakukannya dengan konsentrasi yang tak tergoyahkan. Saya hanya memperhatikan diri saya sendiri dengan satu tujuan yang esensial: membebaskan diri (manusia). Saya ingin membebaskan diri (manusia) dari semua kurungan, dari semua ketakutan, dan tidak mendirikan agama-agama baru, sekte-sekte baru, atau membangun teori-teori dan filosofi-filosofi baru.

Anda tentu akan bertanya kepada saya mengapa saya pergi ke seluruh dunia, terus menerus. Saya akan memberitahukan alasan mengapa saya melakukan hal ini: bukan karena saya menginginkan dan mencari pengikut, bukan juga karena saya menginginkan dan mencari sekelompok murid yang istimewa (betapa manusia senang menjadi berbeda dari sesamanya, betapapun perbedaan itu konyol, tidak masuk akal dan sepele! Saya tidak ingin mendukung absurditas itu. Saya tidak memiliki murid, tidak memiliki rasul, baik di dunia maupun di dunia kerohanian). Bukan juga karena iming-iming uang, atau keinginan untuk menjalani kehidupan yang nyaman, yang menarik saya. Jika saya ingin menjalani kehidupan yang nyaman, saya tidak akan datang ke sebuah kamp atau tinggal di sebuah negara yang lembab! Saya berbicara terus terang karena saya ingin hal ini diselesaikan untuk selamanya. Saya tidak ingin diskusi kekanak-kanakan ini terus berlanjut dari tahun ke tahun.

Seorang wartawan surat kabar yang mewawancarai saya, menganggap bahwa membubarkan sebuah organisasi yang beranggotakan ribuan orang adalah tindakan yang luar biasa. Baginya, itu adalah tindakan yang hebat karena ia bertanya: “Apa yang akan Anda lakukan setelah itu, bagaimana Anda akan hidup? Anda tidak akan memiliki pengikut, orang-orang tidak akan lagi mendengarkan Anda.” Jika hanya ada lima orang yang mau mendengarkan, yang mau hidup, yang menghadapkan wajahnya kepada kekekalan, itu sudah cukup. Apa gunanya memiliki ribuan orang yang tidak mengerti, yang sepenuhnya terbenam dalam prasangka, yang tidak menginginkan ide baru, dan yang mandul dan stagnan?

Jika saya berbicara dengan keras, mohon jangan salah paham, ini bukan karena kurangnya belas kasihan. Jika Anda pergi ke dokter bedah untuk dioperasi, bukankah itu merupakan kebaikan dari dokter tersebut untuk mengoperasi meskipun ia menyebabkan Anda kesakitan? Jadi, dengan cara yang sama, jika Aku berbicara dengan jujur, itu bukan karena kurangnya kasih sayang yang nyata. Justru sebaliknya.

Seperti yang telah saya katakan, saya hanya memiliki satu tujuan: untuk membuat manusia terbebas, mendorongnya menuju kebebasan, dan membantunya melepaskan diri dari batas-batas, karena hanya itulah yang akan memberinya kebahagiaan abadi, akan memberinya realisasi diri yang tidak berkondisi.

Aku bebas, tidak berkondisi, utuh, bukan bagian, bukan yang relatif, tetapi keseluruhan Kebenaran yang abadi, karena itu Aku menginginkan mereka yang berusaha memahami Aku untuk bebas. Bukan untuk mengikutiku, bukan untuk membuat sangkar yang akan menjadi agama atau sekte. Sebaliknya, mereka harus bebas dari semua ketakutan―akan agama, akan keselamatan, akan spiritualitas, akan cinta, akan kematian, akan kehidupan itu sendiri. Seperti seorang seniman yang melukis sebuah gambar karena dia senang dengan lukisan itu, karena itu adalah ekspresi dirinya, kemuliaannya, kesejahteraannya, jadi saya melakukan ini dan bukan karena saya menginginkan apa pun dari siapa pun. Anda terbiasa dengan otoritas, atau dengan suasana otoritas, yang Anda pikir akan membawa Anda pada spiritualitas. Anda berpikir dan berharap bahwa orang lain dapat, dengan kekuatannya yang luar biasa―sebuah keajaiban―membawa Anda ke alam kebebasan abadi, yaitu Kebahagiaan. Seluruh pandangan hidup Anda didasarkan pada otoritas tersebut.

Anda telah mendengarkan saya selama tiga tahun sekarang, tanpa ada perubahan yang terjadi kecuali pada beberapa orang saja. Sekarang analisislah apa yang saya katakan, jadilah kritis, sehingga Anda dapat memahami secara menyeluruh, secara mendasar. Ketika Anda mencari otoritas yang dapat menuntun Anda menuju spiritualitas, Anda secara otomatis terikat dalam organisasi yang pelan-pelan terbentuk di sekitar otoritas tersebut. Dengan terbentuknya organisasi itu, yang Anda pikir akan membantu otoritas ini menuntun Anda menuju spiritualitas, Anda justru terkurung di dalam sangkar.

Jika saya berbicara terus terang, harap diingat bahwa saya melakukannya, bukan karena kekerasan, bukan karena kekejaman, bukan karena antusiasme tujuan saya, tetapi karena saya ingin Anda memahami apa yang saya katakan. Itulah alasan mengapa Anda berada di sini, dan akan membuang-buang waktu jika saya tidak menjelaskan dengan jelas dan tegas sudut pandang saya. Selama delapan belas tahun Anda telah mempersiapkan acara ini, untuk Kedatangan Guru Dunia. Selama delapan belas tahun Anda telah mengorganisir, telah mencari seseorang yang akan memberikan kegembiraan baru pada hati dan pikiran Anda, yang akan mengubah seluruh hidup Anda, yang akan memberi Anda pemahaman baru; seseorang yang akan mengangkat Anda ke tingkat kehidupan baru, yang akan memberi Anda dorongan baru, yang akan membebaskan Anda―dan sekarang lihatlah apa yang terjadi!

Pertimbangkanlah, renungkanlah, dan temukanlah dengan cara apa sebuah keyakinan dapat membuat Anda berbeda? Bukan perbedaan yang dangkal seperti mengenakan lencana atau jubah, bukan perbedaan yang sepele dan tidak masuk akal. Dengan cara apa suatu keyakinan dapat menyapu bersih semua hal yang tidak penting dalam hidup? Itulah satu-satunya cara untuk menilai: dengan cara apa Anda lebih bebas, lebih besar, dan lebih berbahaya di mata masyarakat yang bersandar pada hal-hal yang palsu dan tidak penting? Dalam hal apakah para anggota Ordo Bintang ini telah menjadi berbeda?

Seperti yang telah saya katakan, Anda telah mempersiapkan diri selama delapan belas tahun untuk saya. Saya tidak peduli apakah Anda percaya bahwa saya adalah Guru Dunia atau tidak. Itu tidak penting. Karena Anda termasuk dalam organisasi Ordo Bintang, Anda telah memberikan simpati dan energi Anda, mengakui bahwa Krishnamurti adalah Guru Dunia―seluruh atau sebagiannya: sepenuhnya bagi mereka yang benar-benar mencari, sebagian bagi mereka yang puas dengan setengah kebenaran mereka sendiri.

Anda telah mempersiapkan diri selama delapan belas tahun, dan lihatlah berapa banyak kesulitan yang menghalangi pemahaman Anda, berapa banyak kerumitan, berapa banyak hal sepele. Prasangka-prasangkamu, ketakutanmu, otoritasmu, kuil-kuil yang baru dan yang lama―semua ini, menurutku, adalah penghalang untuk memahami Kebenaran. Saya tidak bisa membuat kata-kata saya lebih jelas lagi dari ini. Saya tidak ingin Anda setuju dengan saya. Saya tidak ingin Anda mengikuti saya. Saya ingin Anda memahami apa yang saya katakan. Pemahaman ini diperlukan karena kepercayaan Anda tidak mengubah Anda tetapi hanya memperumit Anda, dan karena Anda tidak mau menghadapi Kebenaran ini sebagaimana adanya.

Anda ingin memiliki tuhan-tuhan Anda sendiri, tuhan-tuhan baru sebagai pengganti tuhan-tuhan lama, agama-agama baru sebagai pengganti agama-agama lama, bentuk-bentuk baru sebagai pengganti bentuk-bentuk lama. Semuanya sama tidak berharganya. Semua itu penghalang, semua itu keterbatasan. Kalian semua menggantungkan kerohanian kalian kepada orang lain, kebahagiaan kalian kepada orang lain, pencerahan kalian kepada orang lain. Dan meskipun kalian telah mempersiapkan diri untuk saya selama delapan belas tahun, ketika saya mengatakan bahwa semua ini tidak perlu, ketika saya mengatakan bahwa kalian harus membuang semua itu dan melihat ke dalam diri kalian sendiri demi pencerahan, demi kemuliaan, demi penyucian, dan demi ketakberubahan, tak seorang pun di antara kalian mau melakukannya. Mungkin ada beberapa, tetapi sangat, sangat sedikit. Jadi, mengapa harus ada organisasi?

Mengapa orang-orang palsu dan munafik mengikuti Aku, perwujudan Kebenaran ini? Harap diingat bahwa saya tidak mengatakan sesuatu yang kasar atau tidak baik, tetapi kita telah sampai pada situasi di mana Anda harus menghadapi segala sesuatu sebagaimana adanya. Saya katakan tahun lalu bahwa saya tidak akan berkompromi. Sangat sedikit yang mendengarkan saya saat itu. Tahun ini saya telah menegaskan hal tersebut. Saya tidak tahu berapa ribu orang di seluruh dunia, anggota Ordo, yang telah mempersiapkan diri untuk saya selama delapan belas tahun, namun sekarang mereka tidak mau mendengarkan tanpa syarat, sepenuhnya, apa yang saya katakan.  Jadi, untuk apa memiliki sebuah organisasi?

Seperti yang saya katakan sebelumnya, tujuan saya adalah untuk membuat manusia bebas tanpa syarat, karena saya berpendapat bahwa satu-satunya spiritualitas adalah ketakkekalan diri yang kekal dan keselarasan antara akal budi dan cinta. Ini adalah Kebenaran mutlak dan tanpa syarat yang merupakan kehidupan itu sendiri. Oleh karena itu, saya ingin membebaskan manusia, bersukacita seperti burung di langit yang cerah, tidak terbebani, mandiri, gembira dalam kebebasan itu. Dan saya, yang telah Anda persiapkan selama delapan belas tahun, sekarang mengatakan bahwa Anda harus bebas dari semua hal ini, bebas dari kerumitan-kerumitan Anda, keterikatan-keterikatan Anda. Untuk menjadi bebas, Anda tidak perlu memiliki organisasi yang didasarkan pada keyakinan spiritual. Mengapa harus ada organisasi untuk lima atau sepuluh orang yang mengerti, yang sedang berjuang, yang telah mengesampingkan semua hal yang sepele? Dan bagi orang-orang yang lemah, tidak akan ada organisasi yang dapat membantu mereka menemukan Kebenaran, karena Kebenaran ada di dalam diri setiap orang. Tidak jauh, tidak dekat, tetapi ia selalu ada di sana.

Organisasi tidak dapat memerdekakan Anda. Tidak ada orang dari luar yang dapat memerdekakan Anda. Tidak ada ibadah yang terorganisir, atau pengorbanan diri untuk suatu tujuan, yang dapat memerdekakan Anda. Tidak ada pula membentuk diri Anda ke dalam suatu organisasi, atau mencurahkan diri Anda ke dalam pekerjaan, dapat memerdekakan Anda. Engkau menggunakan mesin ketik untuk menulis surat, tetapi engkau tidak meletakkannya di atas mezbah dan menyembahnya. Tetapi itulah yang Anda lakukan ketika organisasi menjadi perhatian utama Anda.

“Berapa banyak anggota yang ada di dalamnya?” Itu adalah pertanyaan pertama yang ditanyakan oleh para wartawan surat kabar. “Berapa banyak pengikut yang Anda miliki? Dari jumlah mereka, kami akan menilai apakah yang Anda katakan itu benar atau salah.” Saya tidak tahu berapa jumlahnya. Saya tidak peduli dengan hal itu. Seperti yang saya katakan, jika ada satu orang saja yang dapat dibebaskan, itu sudah cukup.

Sekali lagi, Anda memiliki pemikiran bahwa hanya orang-orang tertentu saja yang memegang kunci kebahagiaan. Tidak ada yang memegangnya. Tidak ada seorang pun yang memiliki otoritas untuk memegang kunci tersebut. Kunci itu adalah diri Anda sendiri. Kunci itu ada dalam pengembangan dan pemurnian, ada dalam ketidakkekalan diri.

Jadi, Anda akan melihat betapa tidak masuk akalnya seluruh struktur yang telah Anda bangun, di mana mencari bantuan dari luar dan bergantung pada orang lain untuk kenyamanan Anda, untuk kebahagiaan Anda, untuk kekuatan Anda. Semua itu hanya dapat ditemukan di dalam diri Anda sendiri. Jadi, untuk apa memiliki sebuah organisasi?

Anda terbiasa diberitahu seberapa jauh Anda telah maju, apa status spiritual Anda. Betapa kekanak-kanakan! Siapa selain diri Anda sendiri yang dapat memberi tahu Anda apakah Anda cantik atau jelek di dalam diri Anda? Siapa selain dirimu sendiri yang bisa memberitahumu bahwa kamu tidak bisa rusak? Organisasi membuat engkau tidak serius dalam spiritual.

Tetapi mereka yang benar-benar ingin memahami, yang mencari untuk menemukan apa yang kekal, yang tanpa awal dan tanpa akhir, akan berjalan bersama dengan intensitas yang lebih besar, akan menjadi bahaya bagi segala sesuatu yang tidak penting, bagi realitas-realitas yang tidak nyata, bagi bayangan-bayangan. Dan mereka akan berkonsentrasi, menjadi nyala api, karena mereka mengerti. Tubuh seperti itulah yang harus kita ciptakan, dan itulah tujuan saya. Dengan pemahaman sejati, akan ada persahabatan sejati. Dengan persahabatan sejati, yang tampaknya tidak kalian ketahui, akan ada kerja sama yang nyata dari masing-masing pihak. Dan ini bukan karena otoritas, bukan karena keselamatan, bukan karena pengorbanan demi suatu tujuan, tetapi karena Anda benar-benar memahami, dan karenanya mampu hidup dalam kekekalan. Ini adalah sesuatu yang lebih besar daripada semua kesenangan, daripada semua pengorbanan.

Jadi, inilah beberapa alasan, setelah mempertimbangkan dengan cermat selama dua tahun, mengapa saya membuat keputusan ini. Ini bukan karena dorongan sesaat. Saya tidak dibujuk oleh siapa pun. Selama dua tahun saya telah memikirkan hal ini, secara perlahan, hati-hati, sabar, dan sekarang saya telah memutuskan untuk membubarkan Ordo karena kebetulan saya adalah Ketuanya. Anda dapat membentuk organisasi lain dan mengharapkan orang lain. Saya tidak peduli dengan rencana membuat kandang baru dan dekorasi baru dalam kandang itu. Satu-satunya perhatian saya adalah membebaskan manusia secara mutlak, tanpa syarat. []

Tinggalkan komentar